Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Lingkar Rinjani

Senin, 14 November 2022

Senaru, 14 November 2022. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menggelar Pelatihan Pengembangan Ekowisata Lingkup TNGR tahun 2022 di Pondok Senaru pada tanggal 1 - 2 November 2022. Kegiatan diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Anggota Pokdarwis Lembah Penimbungan Torean, Porter dan Guide Senaru, Senanga, Sembalun, Timbanuh, Tetebatu dan Aik Berik. Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas SDM pelaku wisata dan mutu pelayanan pengunjung yang aman dan nyaman dalam rangka menuju pendakian kelas dunia dengan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Pariwisata Prov. NTB, Dinas LHK Prov. NTB, STP Mataram, Market Online, Geopark Rinjani Lombok, KUN Humanity System+, APGI NTB, Forum Citra Wisata Rinjani dan Balai TNGR. 

Kegiatan juga dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan konservasi antara Balai TN Gunung Rinjani dengan pemerintah desa lingkar Rinjani yaitu Desa Senaru, Desa Loloan dan Desa Sajang. Melalui kesepakatan konservasi tersebut, pemerintah desa berkomitmen untuk ikut serta melestarikan kawasan TN Gunung Rinjani.

Selain itu, rangkaian kegiatan lainnya dengan penyerahan bantuan pengembangan ekowisata berupa uang tunai kepada Pokdarwis Lembah Penimbungan, Dusun Torean, Desa Loloan, Kec.Bayan, Kab.Lombok Utara. Bantuan ini menjadi salah satu dukungan dari Balai TN Gunung Rinjani untuk pengembangan ekowisata desa guna peningkatan kesejahteraan masyarakat lingkar Rinjani.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini