Giring Kawanan Gajah Keluar Dari Kebun

Senin, 14 November 2022

Pekanbaru, 11 November 2022 - Penanganan satwa liar gajah sumatera dilakukan Tim mitigasi Bidang KSDA Wilayah II, Balai Besar KSDA Riau, di Desa Kota Garo,Kec. Tapung Hilir, Kab. Kampar pada Senin dan Selasa, 7 s/d 8 November 2022.

Petugas berkoordinasi dengan Pak Yul sebagai pelapor dan diketahui dari keterangannya bahwa gajah sudah 3 hari berada di kebun masyarakat. Warga setempat mencoba menggiring kawanan gajah liar namun kawanan gajah hanya berputar - putar di sekitaran kebun masyarakat. Dari hasil keterangan awal, Tim penanganan konflik satwa liar bersama bebarapa warga setempat kembali ke lokasi dan mencari posisi gajah liar agar mudah untuk melakukan pengusiran, menjauhkan gajah dari desa Kota Garo.

Sampai malam hari, akhirnya Tim berjumpa dengan gajah liar yang berada di dalam kebun sawit warga sedang memakan sawit tersebut. Tim bersama warga kemudian menggiring kawanan gajah dengan bunyi - bunyian petasan dan berusaha mengarahkan kawanan ke tepian sungai Tapung untuk menjauhkan kawanan gajah agar tidak masuk kembali ke kebun sawit warga yang sebagian masih berumur 5 s/d 10 tahun.

Setelah menggiring di malam hari, kawanan gajah masih terus berputar. Keesokan harinya, Tim bersama warga setempat menggiring kawanan gajah menjauh dari pemukiman/perumahan KPPA dan berhasil menggiring kawanan gajah liar dari sekitar pemukiman, menyeberang ke sungai Tapung  sekitar Sukamaju.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini