Upaya Penyelamatan Harimau Sumatera di Teluk Meranti

Kamis, 10 November 2022

Pekanbaru, 10 November 2022 -Tim penanganan interaksi negatif harimau sumatera di Tanjung Pulai, Desa Pulau Muda, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan akhirnya berhasil menjebak satwa tersebut di box trap, Minggu (6/11).

Si Belang masuk ke box trap setelah Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Sugito, bersama PT Arara Abadi, TNI/POLRI, tokoh masyarakat dan warga turun bersama menindaklanjuti laporan masyarakat tentang adanya interaksi negatif harimau sumatera yang sudah berkeliaran di sekitar pemukiman warga dan memakan hewan ternak berupa kambing, ayam dan bebek. Situasi dan kondisi di lapangan yang sudah tidak kondusif karena rasa khawatir masyarakat membuat Tim harus memasang box trap pada pukul 16.10 WIB disertai pemasangan camera trap untuk identifikasi individu satwa. Akhirnya pada pukul 19.54 WIB, Tim mendapat informasi dari masyarakat bahwa harimau sudah masuk ke box trap. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, harimau tersebut dievakuasi ke kantor distrik Merawang PT. Arara Abadi

Balai Besar KSDA Riau pun mendatangkan Tim dari Pekanbaru termasuk dokter hewan Dhanang dengan membawa kandang angkut, Senin (7/11). Diketahui individu harimau berjenis kelamin  betina, remaja, dan kondisi secara umum sehat, tidak menunjukkan kelainan. Secara fisik, kemampuan memangsa dan membunuh mangsa sudah ada walaupun hanya sebatas domestic animal/livestock, sikap waspada terhadap kehadiran manusia bagus.

Melalui pemeriksaan dokter hewan dan diskusi serta arahan pimpinan, Tim memutuskan individu harimau tersebut layak dilakukan hard release di salah satu kawasan konservasi, Selasa (8/11). Harimau dilepasliarkan di salah satu kawasan konservasi yang merupakan habitatnya serta jauh dari pemukiman penduduk. Semoga harimau betina tersebut dapat berkembang biak di alamnya untuk menjaga rimba raya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini