BBKSDA Riau Apresiasi Komunitas Sadar Satwa Liar

Kamis, 10 November 2022

Pekanbaru, 9 November 2022 - Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Balai Besar KSDA Riau, Sugito dan beberapa anggotanya menghadiri Pengukuhan Komunitas Tindakan Antisipasi Satwa Liar (TAS TIARA) di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir (DPKP) Kab. Indragiri Hilir, Jumat (4/11). Acara dihadiri oleh Kepala Dinas dan jajaran DPKP, Camat, Kades dan masyarakat Kelompok Komunitas dari 6 Desa di dalam 5 Kecamatan di Kab. Indragiri Hilir.

Balai Besar KSDA Riau sangat mengapresiasi DPKP Kab. Indragiri Hilir yang telah berhasil melakukan pembinaan dan memberdayakan masyarakat dalam hal penanggulangan konflik satwa liar khususnya satwa buaya dan ular python, sehingga berhasil membentuk TAS TIARA dari masyarakat di lingkup Kecamatan serta Desa yang ada di Kab. Indragiri Hilir dalam membantu pemerintah melestarikan satwa liar. Balai Besar KSDA Riau berharap komunitas tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan yang diatur di dalam surat keputusan Kepala Dinas PKP Kab. Indragiri Hilir.

Kepala Dinas DPKP Kab. Inhil juga berharap masyarakat komunitas sebagai kelompok komunitas tindakan antisipasi satwa liar dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam hal pencegahan konflik manusia dan satwa liar khususnya di Kab. Indragiri Hilir.

Setelah acara pengukuhan Komunitas TAS TIARA, Kepala Dinas DPKP Kab. Inhil menyerahkan empat ekor satwa liar buaya muara ke Balai Besar KSDA Riau hasil evakuasi dari beberapa desa dan kecamatan di Kab. Inhil dengan ukuran panjang masing masing sekitar 2,5 m, 2 m, 1,5 m dan 1 m. Semua buaya dalam kondisi baik dan hidup, untuk kemudian keempatnya dilepasliarkan kembali ke habitatnya di kawasan konservasi yang jauh dari pemukiman penduduk.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini