Aksi Mitigasi Konflik Harimau Sumatera di Desa Pulau Muda

Rabu, 09 November 2022

Pekanbaru, 9 November 2022 - Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau bersama PT. Arara Abadi, Kepala Desa Pulau Muda, Ketua RW Dusun Tanjung Pulai, tokoh masyarakat Desa Pulau Muda dan masyarakat dusun Tanjung Pulai, Pulau Muda melakukan mitigasi interaktif satwa arimau Sumatera (HS) di Desa Pulau Muda, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan, Jumat (4/11).

Berdasarkan Informasi dari masyarakat, satwa harimau sumatera terlihat di Dusun Tanjung Pulai yang menerkam hewan ternak ayam dan kambing di dalam kandang. Namun kambing berhasil lepas dari terkaman harimau kemudian melarikan diri dari kandangnya. Ternak kambing yang berjumlah 5 ekor di dalam kandang lari keluar kandang, namun 1 ekor kambing berhasil diterkam harimau.

Ketua RW dan warga sekitarnya dihimbau untuk tidak keluar rumah pada malam hari kecuali sangat mendesak itupun harus tidak sendirian. Tim bersama Kepala Desa serta tokoh masyarakat dan warga di lokasi beramai-ramai melakukan pengecekan dan penyisiran kembali di lokasi karena diduga harimau tersebut masih di sekitar lokasi kejadian.

Tim gabungan kemudian mencari seekor kambing yang di terkam HS. Setelah ditemukan dan ditangkap selanjutnya kambing diamankan oleh masyarakat untuk dijadikan umpan dalam perangkap box trap yang segera dipasang untuk menangkap harimau tersebut agar dapat direlokasi ke habitatnya yang jauh dari penduduk.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini