Box Trap Untuk Beruang Madu

Rabu, 09 November 2022

Pekanbaru, 8 November 2022 - Kepala Resort Bukit Rimbang, Balai Besar KSDA Riau, Ahmad Fitriansyah, bersama anggota melakukan mitigasi interaksi negatif satwa beruang madu (Helarctos malayanus) di Dusun Tasik Indah, Desa Segati, Kec. Langgam, Kab. Pelalawan dan Desa Teratak Baru, Kec. Kuantan Hilir, Kab. Kuantan Singingi, pada tanggal 2-3 November 2022.

Tim berkoordinasi dengan Kadus Tasik Indah, Desa Segati terkait pemasangan perangkap (box trap) yang dilakukan pada tanggal 28 Juli 2022 namun belum behasil menjebak beruang. Perangkap kemudian akan dipindahkan ke Desa Teratak Baru, Kuantan Hilir, Kuansing untuk menangani konflik beruang yang melukai warga di desa tersebut. Kadus menyampaikan bahwa beruang kembali muncul dari tanggal 20 Oktober 2022 namun beralih dari jalur 9 ke jalur 6, dan berharap untuk dilakukan pemasangan perangkap.

Bersama Kepala Desa Teratak Baru dan didampingi Kadus dan warga, petugas Balai Besar KSDA Riau melakukan pemasangan perangkap (box trap) di lokasi beruang biasa melintas, yaitu di salah satu kebun masyarakat dimana beruang terlihat pada tanggal 27 Oktober 2022. Pada lokasi kejadian, beruang sebelumnya menyerang warga dari semak, namun warga sempat lari dan menghindar dari serangan beruang tersebut.

Warga dihimbau agar mengurangi aktivitas di sekitar lokasi pemasangan box trap, menjaga anak-anak untuk tidak bermain ke lokasi tersebut, dan tidak anarkis terhadap satwa dilindungi serta segera menghubungi petugas apabila beruang masuk perangkap.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini