BBKSDA Riau Kembali Mitigasi Konflik Harimau Sumatera

Selasa, 08 November 2022

Pekanbaru, 7 November 2022 - Resort Kerumutan Utara, Balai Besar KSDA Riau bersama petugas PT. Arara Abadi, Kepolisian, tokoh masyarakat Desa Pulau Muda dan Dusun Tanjung Pulai, Pulau Muda, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan melakukan koordinasi terkait laporan perjumpaan harimau sumatera (HS) di wilayah Dusun Tanjung Pulai, Kamis (3/11).

Kades Pulau Muda mengusulkan jika Si Belang masih berkeliaran di kampung Tanjung Pulai dan sekitarnya dan belum ada tindakan untuk melakukan penangkapan, maka masyarakat Pulau Muda akan melakukan penangkapan satwa tersebut. Petugas pun  menghimbau agar warga tetap tenang, karena pihak terkait akan terus bersama melakukan mitigasi. Ini dilakukan sebagai tugas bersama multipihak termasuk pihak desa sebagai lini terdepan pemerintah daerah.

Upaya mitigasi selanjutnya yang dilakukan dengan mengecek lokasi dan observasi tempat kejadian hewan ternak yang dimangsa satwa pada malam 31 Oktober 2022. Dari hasil penyisiran lokasi, akhirnya ditemukan jejak harimau sumatera di lokasi kandang ternak tersebut. Tim mengingatkan kepada pemilik ternak agar selalu  berhati-hati dan waspada jika keluar di malam hari. Ketua RW Tanjung Pulai juga dihimbau agar disampaikan kepada warganya untuk berhati-hati dan jika keluar rumah tidak sendirian dan menghindari beraktifitas pada malam ataupun petang untuk mengantisipasi kemunculan harimau sumatera. Begitupun hewan ternak sapi dan lainnya sebaiknya saat malam hari dikandangkan agar tidak mengundang Si Belang ke perkampungan.

PT. Arara Abadi juga diingatkan untuk membersihkan kanal-kanal yang berbatasan dengan perkampungan dan jalan lintas Bono di sekitar perkampungan Tanjung Pulai agar satwa harimau tidak nyaman di sekitar wilayah tersebut dan segera menjauh dari perkampungan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini