Anak Beruang Madu Melintas, Resort Duri Mitigasi Konflik Satwa

Selasa, 08 November 2022

Pekanbaru, 7 November 2022 - Balai Besar KSDA Riau menerima laporan adanya seekor beruang madu (Helarctos malayanus) melintas di seputaran Jl. Asrama Tribrata Terutama Wilayah RW 01 dan 08, Desa Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kab. Bengkalis, Kamis (3/11).

Resort Duri, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III sebagai kantor perwakilan Balai Besar KSDA Riau yang terdekat diturunkan bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibnas dan Rimba Satwa Foundation (RSF) untuk mengikuti dan memantau pergerakan satwa tersebut. Dari hasil koordinasi di lokasi dengan ketua RT, masyarakat setempat dan Tim RSF, terkait beruang bahwa beruang madu tersebut berukuran kecil diperkirakan masih berumur sekitar 1 atau  2 tahun. Lokasi beruang madu terpantau berada di dalam semak belukar yang berjarak +/- 1 KM mengarah ke kawasan Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja.

Tim menghimbau kepada masyarakat setempat untuk berhati hati dan tidak melakukan tindakan yang dapat memancing, melukai atau menyakiti satwa tersebut. Masyarakat  dihimbau untuk selalu waspada dan berhati hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah dan selalu menutup pintu rumah mereka. Beruang madu pun digiring perlahan ke arah hutan terdekat yang merupakan habitatnya di hutan Talang.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini