BBKSDA Riau Pantau Aktivitas Migas dan Temuan Alat Berat di SM Balai Raja

Selasa, 08 November 2022

Pekanbaru, 7 November 2022 - Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin Meilastiti Mulya Wijaya melakukan pendampingan kegiatan perawatan dan perbaikan sumur yang berada di dalam kawasan Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja di wilayah kerja PT. Pertamina Hulu Rokan di Sumur Cebakan 01, SM. Balai Raja, Duri, Kabupaten Bengkalis, pada Selasa hingga Minggu, 25 s/d 30 Oktober 2022.

Tim memantau Rig yaitu maintenance rangkaian pipa berupa penyemenan serta penanganan limbah sisa akibat maintenance tersebut dengan memindahkan ke truk tangki khusus untuk diangkut ke lokasi pengolahan limbah. Tim memberikan  arahan agar dalam menjalankan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan sumur harus sesuai dengan SOP dan selalu menjaga kelestarian lingkungan di SM Balai Raja. Selain itu juga diberikan edukasi terkait satwa liar yang dilindungi yang berada di dalam kawasan SM Balai Raja serta langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan apabila terjadi perjumpaan dengan satwa liar.

Saat pendampingan di hari Sabtu, 29 Oktober 2002, Tim mendapat laporan bahwa truk pengangkut alat berat excavator masuk ke lokasi area kawasan konservasi yang berjarak sekitar 600 meter dari rig cebakan 01 ke arah timur. Dari hasil pengecekan maps, areal tersebut masih masuk ke dalam kawasan konservasi SM Balai Raja.

Hasil penelusuran, ditemukan alat berat excavator sedang bekerja membuat parit di tepi kebun karet.Tim menegur dan memperingatkan bahwa di areal kawasan konservasi tidak diperbolehkan adanya aktivitas pekerjaan pembukaan lahan. Operator alat berat bersedia menghentikan aktivitas dan menyatakan bahwa pemilik lahan sekaligus penyewa alat berat adalah masyarakat/pribadi (non perusahaan) berdomisili di Duri. Siangnya Tim kembali melakukan pengecekan di lokasi alat berat sebelumnya bekerja. Ternyata alat berat justru bertambah menjadi 2 unit dan melakukan pekerjaan pembukaan. Tim kembali menegur dan mengingatkan namun justru masyarakat berdatangan ke lokasi dengan jumlah diperkirakan lebih dari 10 orang. Dengan pertimbangan keamanan dan  keselamatan Tim kembali ke rig dan melaporkan ke pimpinan terkait temuan alat berat tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini