Empat Kucing Kuwuk Bebas di Momen Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Senin, 07 November 2022

Kepala Resort CA/TWA Sibolangit saat akan melepasliarkan Kucing Kuwuk

Sibolangit, 7 November 2020. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, melakukan pelepasliaran ke 4 ekor satwa liar dilindungi, Kucing Kuwuk (Prionailurus bengalensis) di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, Jumat (4/11). Sebelumnya Kucing Kuwuk ini telah menjalani rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit.

Keempatnya terdiri dari 2 ekor berjenis kelamin jantan masuk ke PPS Sibolangit pada tanggal 22 Juni 2022 (berasal dari Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar) dan tanggal 26 Agustus 2022 (berasal dari penyerahan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser) serta 2 ekor berjenis kelamin betina masuk pada tanggal 26 Agustus 2022 (penyerahan dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser) dan tanggal 29 Oktober 2022 (berasal dari Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang)

Satwa mamalia ini sangat rentan diisolasi di dalam kandang, dan atas assesment dari dokter hewan PPS Sibolangit  menyebutkan bahwa  kondisi satwa dinyatakan sehat serta layak untuk dilepasliarakan sesegera mungkin. Dengan pelepasliaran ke alam, nantinya satwa akan dapat beradaptasi dengan kondisi cuaca dan meningkatkan survival probabilitynya.

Kucing Kuwuk menikmati kebebasannya

Pelepasliaran ini sekaligus  momen dalam rangka  peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2022. Mencintai satwa tentunya bukan dengan cara memeliharanya, melainkan membiarkannya hidup di habitat yang menjadi rumahnya. Semoga ke 4 ekor Kucing Kuwuk dapat hidup dan berkembang biak secara alami.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini