Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional : "Aku Mau Pulang"

Senin, 07 November 2022

“Aku mau pulang,” tersirat dari raut wajah salah satu Orangutan yang akan dilepasliarkan

Jantho, 7 November 2022. Perjalanan panjang lewat jalur darat melalui rute Pusat Karantina  dan Rehabiltasi Orangutan  (PKRO)  Batu Mbelin, Sibolangit - Kutacane – Biruen – Sigli – Jantho, Aceh, sangat melelahkan. Itu dirasakan bukan hanya oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO), tetapi juga 4 individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang ikut dalam perjalanan darat tersebut. Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melakukan translokasi 4 individu orangutan dari PKRO Batu Mbelin, Sibolangit ke Stasiun Reintroduksi Cagar Alam (CA) Jantho Aceh, dengan menggunakan 2 kendaraan, Kamis (3/11). Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang mendampingi translokasi tersebut Andoko Hidayat, S.Hut., MP (Kepala Sub Bagian Data, Evlap dan Kehumasan) serta Rezki Indah Siregar, SP. (PEH Muda).

Keempat orangutan masing-masing : Megaloman, jantan, masuk karantina  15 Mei 2014, berasal dari  Kutacane, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Alyysa,  betina, masuk karantina 8 Agustus 2016, dari Aceh Tamiang, NAD,  Molika,  betina, masuk karantina  25 Juni 2018, asal dari Gampong Baru, Idie Rayeu, Aceh Timur, dan Siga, betina, masuk karantina 2 Maret 2017, berasal dari  Kutacane, NAD, tiba di Stasiun Reintroduksi CA. Jantho Aceh pada Jumat 4 November 2022 dan langsung ditempatkan di kandang forest school selama lebih kurang 14 hari untuk melihat kondisi kesehatannya serta memantau perkembangannya terlebih dahulu, sebelum nantinya benar-benar siap untuk dilepasliarkan ke habitat alaminya.

Translokasi Megaloman dan kawan-kawan sukses mengantarkannya ke Stasiun Reintroduksi CA. Jantho, Aceh

Translokasi dan pelepasliaran Orangutan Sumatera  menjadi momen penting dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2022, sekaligus mewujudkan tema peringatan Hari Orangutan Sedunia (World Orangutan Day) Tahun 2022, “Orangutan Hidupnya di Hutan”. Dengan mengembalikan satwa liar dilindungi undang-undang ini ke habitatnya diharapkan dapat hidup dengan baik dan berkembang biak secara alami.

Sumber : Rezki Indah Siregar, SP. – PEH Muda Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini