Cerita Juriana Serahkan Macan Akar dan Ikut Melepasliarkan

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Seekor satwa liar macan akar diserahkan warga ke Resort Kerumutan Utara (Pos Kapou), Balai Besar KSDA Riau di  Kel. Sorek Satu, Kec. Pengkalan Kuras, Kab.Pelalawan, Selasa (25/10).

Warga yang bernama Juriana saat pergi bersama orang tuanya ke kebun, Minggu (16/10), menemukan satu ekor macan akar dalam kondisi lemah terbaring di gubuk/pondok kebunnya. Karena iba dengan kondisinya, Juriana membawa macan akar tersebut pulang dan dirawatnya. Namun beberapa orang dekatnya menyampaikan bahwa satwa tersebut merupakan salah satu satwa yang dilindungi. Selanjutnya, Juriana melapor dan menyerahkan satwa ke petugas Balai Besar KSDA Riau terdekat.

Setelah menerima satwa, petugas membuat berita acara penyerahan satwa dan memberikan sosialisasi ke Juriana bahwa satwa tersebut merupakan satwa liar yang dilindungi dan sebaiknya dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan fisik, satwa dinilai sehat, lincah dan masih liar serta sudah mampu bertahan hidup di alam, maka petugas bersama Juriana melepasliarkan satwa macan akar di sekitar kawasan hutan konservasi.

Terima kasih Juriana, semoga menjadi contoh untuk masyarakat agar peduli dengan satwa liar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini