Pekerja Terluka, BBKSDA Riau Temukan Jejak Si Belang

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Petugas Resort Kerumutan Utara, Balai Besar KSDA Riau, bersama Bhabinkamtibmas Teluk Meranti dan pemegang konsesi melakukan kegiatan mitigasi interaksi negatif antara manusia dan satwa liar harimau sumatera (HS) di Distrik Merawang, Desa Pulau Muda, Kec.Teluk Meranti, Kab. Pelalawan, petak 906, pada Sabtu dan Minggu, 22 s/d 23 Oktober 2022. Dimana seorang pekerja an. Adi Saputra (37 th), kepala rombongan kontraktor konsesi pemegang ijin hutan tanaman industri mengalami luka bagian kepala karena terkena cakaran harimau.

Di lokasi kejadian, petugas menemukan bekas jejak satwa harimau sumatera yang berkeliaran di sekitar camp pekerja perawatan tanaman dan jejak diperkirakan masih baru (sekitar minggu pagi). Ditemukan juga barang-barang seperti bekas sepatu korban, tempat minum, dan ember yang di rusak oleh satwa tersebut. Dari temuan di lokasi kejadian, petugas dan pihak pemegang konsesi berkoordinasi dengan subkontraktor pekerjaan di lokasi bahwa sementara akan menghentikan aktivitas dan diungsikan ke tempat/camp yang lebih aman.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, camp pekerja sebenarnya sudah diberi pembatas plastik hitam untuk menghalangi pandangan satwa liar, namun si belang berhasil memasuki camp melewati pagar plastik yang terbuka. Sampai saat ini, petugas masih melakukan upaya mitigasi lebih lanjut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini