Sisir Sapu Jerat dan Illegal Logging di SM Kerumutan

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Balai Besar KSDA Riau, bersama masyarakat Desa Kampung Pulau dan masyarakat Desa Pulau Gelang melakukan patroli pengamanan kawasan dan patroli sapu jerat di Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan Selatan, Desa Pulau Gelang, Kec. Batang Cenaku, Kab. Inhu, pada Selasa s.d.  Sabtu, 18 s/d 22 Oktober 2022.

Perjalanan menuju lokasi menggunakan dua perahu motor (pompong) melalui sungai Sengkayan, Desa Kp. Pulau, Sungai Batang Rengat dan masuk melalui kanal/parit PT. SBB yang mengarah ke sudut kawasan Kerumutan bagian selatan berbatasan dengan Kab. Inhil. Sampai di lokasi, petugas menemukan tumpukan kayu olahan chainsaw sebanyak +/- 5 m kubik dan 5 unit sepeda yang dimodifikasi untuk mengangkut kayu dari kawasan hutan. Temuan tersebut kemudian dimusnahkan pada malam harinya dengan cara dibakar secara aman dan terukur.

Penyisiran kemudian dilanjutkan di jalan sepeda yang mengarah ke kawasan SM Kerumutan bagian selatan dengan berjalan kaki sekitar 3,5 km. Di ujung jalan sepeda, petugas menemukan tujuh unit pondok (Camp) Illegal logging yang sudah kosong. Diduga para pelaku melarikan diri masuk ke dalam hutan. Petugas juga menemukan dua unit mesin chainsaw, satu unit mesin genset, satu kampak, satu jerigen minyak pertalite dan satu tas peralatan kunci-kunci mesin. Semua barang temuan tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar secara aman dan terukur.

Lokasi terakhir penyisiran di sekitar kawasan SM Kerumutan bagian selatan, petugas lagi – lagi menemukan dua unit jerat dengan menggunakan kayu pelantik dan tali nilon, diduga jerat-jerat tersebut digunakan oleh pelaku (pemburu) untuk menjerat rusa dan kijang serta satwa liar lainnya, karena lokasi tersebut merupakan perlintasan dan habitat harimau sumatera yang berbatasan dg PT. SRL, PT. BDL dan PT. SMK serta PT. SPA yangg ada di bagian utara SM Kerumutan.

Dari hasil temuan di tiga lokasi tersebut, petugas kemudian memasang papan larangan dan himbauan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini