Giat Konservasi Green Leadership Indonesia di Momen Sumpah Pemuda Ke-94

Selasa, 01 November 2022

Green Leadership Indonesia membagikan bibit pohon kepada warga di Istana Maimun Medan

Medan, 31 Oktober 2022. Sekumpulan anak muda berkumpul di Taman Sri Deli Medan, dan menarik perhatian warga yang lalu lalang di sepanjang jalan. Rupanya anak-anak muda ini tergabung dalam komunitas Green Leadership Indonesia (GLI) sedang melaksanakan aksi bersih dan pembagian 94 bibit pohon kepada warga di sepanjang jalan Mesjid Raya – Taman Sri Deli – Istana Maimun, Kota Medan, Jumat (28/10). Giat ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94.

Lagi-lagi warga bertanya, apa itu GLI ? Ternyata GLI berawal dari adanya perhatian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terhadap generasi-generasi muda, yang mana dalam upaya peningkatan pengetahuan kaum muda ini mengenai perspektif keadilan sosial dan ekologis, serta mengambil peran strategis dalam agenda penyelamatan lingkungan hidup dan kehutanan, maka digelarlah kegiatan Green Leadership Indonesia pada tahun 2021.

Melihat antusiasme masyarakat terutama kaum muda pada hasil penyelenggaraan GLI tahun 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun memandang perlu menindaklanjuti melalui pengembangan kegiatan GLI pada tahun 2022 dalam suatu sistem kerja yang sistematis untuk mencapai hasil yang optimal. Atas dasar itulah kemudian diterbitkan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Nomor : SK.66/SETJEN/DATIN.0/IX/2022 tanggal 19 September 2022 yang mengatur tentang Penetapan Tim Sekretariat dan Pendamping Peserta Green Leadership Indonesia (GLI) Tahun 2022/2023, dimana GLI Sumatera Utara masuk dalam Region I.

Kegiatan aksi bersih pungut sampah disepanjang jalan Mesjid Raya – Taman Sri Deli sampai ke Istana Maimun, Kota Medan

Sebagai bentuk kepedulian serta wujud nyata eksistensi GLI di Sumatera Utara, dan memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022, dilaksanakan Aksi Bersih dan Pembagian 94 Bibit Pohon dengan mengusung tema “Pemuda Green Leadership Indonesia Regional I Sumatera Utara Bersumpah Untuk Bumi Yang Hijau”. Kegiatan ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa sumpah pemuda merupakan salah satu sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Pola hidup masyarakat pada masa ini turut berkontribusi terhadap rusaknya lingkungan. GLI mengajak pemuda yang memiliki tenaga dan potensi yang besar dalam menggebrak untuk menerapkan green lifestyle demi menjaga lingkungan. Aksi ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pemuda terhadap tanggung jawab kolektif akan kelangsungan hidup manusia saat ini maupun manusia yang akan datang.

Giat aksi bersih dan pembagian 94 bibit pohon berangkat dari pemikiran bahwa aksi nyata yang dilakukan oleh GLI yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat saat melakukan aksi bersih tentunya akan memberikan efek persuasif yang melihatnya, sehingga tumbuh rasa peduli terhadap lingkungan. Dan filosofi 94 bibit tanaman menandai 94 tahun umur dari sumpah pemuda yang bersejarah.

Kepala Sub Bagian Data, Evlap dan Kehumasan, Andoko Hidayat, S.Hut., MP. serta Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, Suyono, SH., M.Si., bersama dengan penerima bantuan bibit tanaman

Balai Besar KSDA Sumatera Utara selaku anggota dalam Tim Sekretariat dan Pendamping Peserta GLI Tahun 2022/2023, ikut berperan aktif memdukung dan memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh GLI Regional Sumatera Utara. Pendampingan dilakukan mulai dari perencanaan, pendanaan sampai pelaksanaan kegiatan. Dukungan yang sama juga diberikan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Wampu Sei Ular yang menyediakan 94 bibit pohon. Ekspektasinya tentu kegiatan ini tidak hanya selesai di momen peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 saja, tetapi kedepannya akan semakin banyak karya-karya nyata GLI lainnya yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dalam melindungi dan melestarikan lingkungan hidup.

Sumber : Evansus Renandi Manalu – Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini