Usai Melukai Warga, Akhirnya Monyet Berhasil Dievakuasi

Selasa, 01 November 2022

Monyet yang meresahkan warga berhasil masuk perangkap

Binjai, 31 Oktober 2022. Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) meresahkan warga Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai. Monyet tersebut telah melukai 9 orang warga dan salah satunya bayi berumur 9 bulan yang akhirnya dirawat di rumah sakit. Tim gabungan Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Binjai serta lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia kemudian memasang kandang jebak. Setelah satu minggu dipasang, akhirnya monyet ganas tersebut berhasil terperangkap masuk dalam kandang jebak pada Jumat, 29 Oktober 2022.

Satwa liar ini, sejak 1 bulan terakhir sangat meresahkan masyarakat dan awalnya dilaporkan ke BPBD Kota Binjai. Namun karena BPBD Binjai tidak memiliki peralatan yang cukup untuk penangkapan, lalu berkoordinasi dengan Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. Upaya evakuasi sempat terganggu oleh aktivitas warga yang terus menguber-uber monyet dengan menggunakan senapan angin karena dendam banyaknya keluarga mereka yang jadi korban serangan.

Tim gabungan penanganan konflik

Tim akhirnya berkoordinasi dengan Lurah setempat agar melarang warga menguber-ubernya karena akan mengganggu upaya tim yang sudah memasang kandang jebak. Diduga monyet ini menjadi ganas akibat seringnya terkena pukulan dan tembakan senapan angin dari warga. Setelah berhasil di perangkap, monyet kemudian dievakuasi dari lokasi konflik dan sudah diisolasi di kandang satwa kantor Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. Monyet akan segera dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut setelah adanya rekomendasi tim medis  dokter hewan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit.

Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH.-Kepala SKW II Stabat, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini