Panen Ikan Lele Hasil Pemberdayaan Masyarakat

Senin, 31 Oktober 2022

Panen ikan lele yang siap untuk dijual ke pasar

Aek Raso, 28 Oktober 2022. Usaha tak menghianati hasil, mungkin ini kata yang tepat untuk menggambarkan kerja keras dari Kelompok Tani Sabar Menanti, yang dengan tekun dan sabar menanti akhirnya berbuahkan hasil panen ikan lele, Jumat (28/10). Kelompok tani yang beralamat di Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan merupakan salah satu kelompok tani penerima bantuan pemberdayaan masyarakat desa di sekitar kawasan konservasi dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Sebelumnya kelompok ini menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang tertuang dalam surat Nomor : PKS.251/K3/BKW III/KSA/4/2022, dan menerima bantuan sebesar Rp. 35 juta, pada bulan Juni 2022. Bantuan ini digunakan/dimanfaatkan untuk kegiatan pengembangbiakan ternak ikan lele. Dengan kerjasama kelompok yang baik dan semangat yang tinggi, dalam waktu yang tidak terlalu lama, di bulan September 2022, kelompok tani ini telah menikmati manfaatnya dan berhasil memanen ikan lele sebanyak 100 kg yang kemudian dijual ke pasar. Berlanjut sampai pertengahan bulan Oktober 2022, lagi-lagi kelompok tani berhasil memanen ikan lele sebanyak 40 kg dan juga dijual ke pasar.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan saat menyaksikan panen ikan lele

Agus Supriadi, selaku Ketua Kelompok Tani Sabar Menanti, menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan yang telah memberikan bantuan serta pendampingan kepada kelompok tani tersebut. Manfaat peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sudah mulai dirasakan oleh kelompok tani ini dan berjanji akan ikut membantu petugas di lapangan dalam meningkatkan kepedulian serta kesadaran warga untuk menjaga dan melindungi kawasan konservasi TWA Holiday Resort.

Sumber : A. Rizal M. – Kepala Resort TWA Holiday Resort, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini