Monitoring Kawasan Hutan, Balai TNTN Temukan ini

Kamis, 27 Oktober 2022

Baserah, 27 Oktober 2022. Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah, Balai Taman Nasional Tesso Nilo patroli kawasan di Resort Onangan Nilo SPTN Wilayah II Baserah, Kamis (20/10). Patroli dilaksanakan 5 orang petugas yang terdiri dari Polhut, Penyuluh dan PPNPN yang menemukan 1 unit mobil merek Avanza dengan 3 orang masyarakat. Dari hasil interogasi, mereka merupakan anggota dari salah satu orang yang menjaga lahan karena diduga terjadi jual beli lahan oleh pihak masyarakat lain.

Tiga orang masyarakat tersebut diberikan peringatan keras untuk segera keluar dari kawasan hutan. petugas juga memberikan arahan kepada masyarakat tersebut mengenai larangan melakukan aktifitas illegal di dalam kawasan konservasi. Petugas kemudian melanjutkan monitoring pada lahan bekas steking yang telah dilakukan penangkapan alat berat pada bulan April 2022 lalu, pada areal ini sudah tidak ditemukan adanya aktivitas alat berat. Petugas juga melakukan pengecekan lahan dan menemukan sebagian lahan baru ditanam sawit, plang/rambu peringatan yang telah dipasang di beberapa spot oleh petugas resort beberapa waktu silam tidak ditemukan serta police line yang telah rusak.

Hasil temuan tersebut dilaporkan kepada Kepala SPTN Wilayah II Baserah dan diarahkan untuk terus intensif memonitor bukaan lahan dan memasang rambu/plang peringatan. Petugas juga akan memfasilitasi warga kelompok asmara untuk menjaga dan memulihkan lahan tersebut.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini