Trenggiling Dari Radius Simanullang Dilepasliarkan

Kamis, 27 Oktober 2022

Radius Simanullang menyerahkan Trenggiling kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang

Desa Salak I, 27 Oktober 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang telah melakukan pelepasliaran 1 ekor satwa jenis Trenggiling (Manis javanica) di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Siranggas pada Rabu, 25 Oktober 2022. Satwa trenggiling, berjenis kelamin jantan  dan sudah dewasa dengan bobot lebih kurang 7 kg ini, merupakan hasil  penyerahan masyarakat sehari sebelumnya, Selasa 24 Oktober 2022.

Warga, Radius Simanullang, dalam penjelasannya kepada petugas, menguraikan bahwa trenggiling tersebut ditemukannya di Desa Pardamean, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi, dan kemudian dibawa pulang ke rumahnya di Desa Lae Parira, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi. Mengetahui bahwa satwa ini merupakan satwa liar yang dilindungi,  Radius Simanullang segera menghubungi  Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang untuk menyerahkan satwa dilindungi tersebut. Gayung bersambut, Kepala Seksi Konservasi Wil. I Sidikalang dan Kepala Resort Taman Wisata Alam (TWA) Sicike-cike menuju lokasi dan segera mengevakuasi trenggiling.

Trenggiling dilepasliarkan di kawasan SM. Siranggas

Setelah melihat kondisi satwa dalam keadaan sehat dan tidak ada luka di tubuhnya,  maka dilakukanlah pelepasliaran di sekitar kawasan SM Siranggas di Desa Salak I yang merupakan habitat satwa tersebut. Satwa trenggiling merupakan satwa liar yang dilindungi undang-undang berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018. Kesadaran masyarakat dalam memahami perlunya menjaga satwa liar terutama yang dilindungi undang-undang menjadi langkah awal untuk peningkatan kegiatan konservasi yang lebih baik kedepannya.

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut., - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.8

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini