BBKSDA Riau Kembali Melakukan Mitigasi Interaksi Negatif

Kamis, 27 Oktober 2022

Pekanbaru, 26 Oktober 2022 - Resort Duri, Balai Besar KSDA Riau, melakukan kegiatan penanganan interaksi negatif antara manusia dan gajah sumatera di Kec. Mandau, Kab. Bengkalis pada hari Rabu dan Kamis, 19 s.d 20 Oktober 2022. Tim menyusuri jejak gajah dan menemukan beberapa tanaman kebun masyarakat yang dirusak di Kel. Balai Raja yang mengindikasikan gajah sudah keluar dari Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja (hutan Talang) menuju hutan PT Kojo.

Tim sepakat untuk menuju areal Hutan Talang di SM Balai Raja mencoba menyusuri beberapa titik yang rawan akan aktifitas pengolahan lahan maupun kebakaran hutan. Sampai di lokasi, tidak ditemukan adanya aktifitas apapun di dalam Hutan Talang, tetapi hanya ditemukan beberapa spanduk larangan yang sudah lama dan rusak di karenakan kondisi cuaca.

Di perjalanan selama patroli, ditemukan adanya beberapa tanda-tanda keberadaan gajah yang teridentifikasi masuk kembali ke hutan SM Balai Raja (hutan Talang) dan petugas kembali bertemu dengan mitra RSF untuk berkoordinasi. Masyarakat di pinggir Hutan Talang juga melihat satwa gajah liar masuk kembali ke dalam Hutan Talang dan mereka diberikan sosialisasi agar tidak melakukan aktifitas apapun di dalam kawasan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini