BBKSDA Riau Terus Amankan Kawasan dan Berikan Sosialisasi

Kamis, 27 Oktober 2022

Pekanbaru, 26 Oktober 2022 - Patroli pengamanan kawasan dan peredaran tumbuhan satwa liar (TSL) dilakukan Resort Bukit Rimbang, Balai Besar KSDA Riau, Kamis (20/10). Patroli dipimpin Kepala Resort, Ahmad Fitriansyah di sekitar sungai Tapi dan ditemukan adanya aktivitas perambahan di dalam kawasan berjarak ±400 meter dari papan informasi kawasan. Beberapa bibit sawit yang sudah ditanami juga ditemukan, petugas pun segera memasang rambu larangan merusak kawasan dan mencari informasi siapa yang membuka lahan, namun tidak didapatkan.

Dari hasil temuan, akan terus dilakukan pemantauan intensif di lokasi tersebut. Tidak jauh dari bukaan lahan, dijumpai 3 orang masyarakat yang ingin mengambil kayu cerocok di dalam kawasan. Patugas memberi larangan dan mensosialisasikan kepada mereka bahwa mengambil kayu di kawasan konservasi dilarang oleh pemerintah dan merupakan tindak pidana kehutanan.

Penyisiran terus dilakukan dan kembali ditemukan satu pedagang burung di jalan lintas Lipat Kain. Pedagang tersebut diberikan sosialisasi peraturan terkait peredaran TSL dan menyampaikan beberapa jenis burung yang tidak dapat diperjualbelikan karena dilindungi. Dikarenakan pedagang tidak memiliki ijin usaha jual beli burung, petugas menghimbau agar yang bersangkutan segera mengurus izin usaha dagangnya dan tidak menjual jenis burung yang dilindungi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini