Tim PLG Minas Tangani Mitigasi Konflik di Desa Karya Indah

Kamis, 27 Oktober 2022

Pekanbaru, 26 Oktober 2022 - Penanganan interaksi negatif antara manusia dan gajah sumatera dilakukan petugas Balai Besar KSDA Riau di Desa Karya Indah, Kec. Tapung, Kab. Kampar pada Rabu dan Kamis, 19 sd 20 Oktober 2022. Kali ini Balai Besar KSDA Riau menurunkan Tim dari Pusat Latihan Gajah Minas.

Sampai di lokasi, koordinasi dilakukan dengan aparat dan warga setempat dan bersama – sama menuju lokasi untuk mencari posisi tepat gajah liar, agar mudah dilakukan pengusiran untuk menjauh dari Desa Karya Indah dan mencegah gajah mendekat ke pemukiman penduduk.

Sampai malam hari, akhirnya gajah liar dapat dijumpai hendak mengarah ke pemukiman pondok pesantren Umar bin Khatab. Bersama masyarakat, petugas segera melakukan penghalauan. Esoknya gajah dihalau untuk dapat kembali ke hutan Tahura. Namun satwa masih berputar putar sambil makan tanaman milik masyarakat seperti pohon pisang, tanaman ubi dan kelapa sawit. Namun kali ini gajah mengarah menuju sungai Siak.

Tim segera membuat api unggun supaya gajah liar tidak mendekat ke pemukiman warga hingga dini hari dan beberapa warga masih melakukan penghalauan agar gajah liar mau mengarah ke sungai Siak.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini