Mewujudkan Mimpi Masyarakat Sekitar Kawasan Konservasi

Rabu, 26 Oktober 2022

Pekanbaru, 24 Oktober 2022 - Balai Besar KSDA Riau melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I melakukan penyerahan bantuan Ekonomi Masyarakat di Desa Kampung Pulau dan Desa Sungai Guntung Tengah, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis (13/10).

Penyerahan bantuan diwakili oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Sugito, kepada masyarakat untuk pemberdayaan/meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar kawasan dan meminta agar warga masyarakat ikut terlibat aktif dalam menjaga kelestarian kawasan, khususnya Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan.

Bantuan ekonomi masyarakat tersebut senilai Rp. 50 juta per Desa/Kelompok dan diserahkan kepada Kelompok Tani Hutan Sungai Mengkuang Bertuah di Desa Kampung Pulau yang diwujudkan berupa budidaya Ikan Patin sebanyak 7.500 ekor dan Kelompok Tani Hutan Usaha Bersama yang diwujudkan berupa budidaya ternak Sapi Bali sebanyak 5 ekor. Pemberian bantuan diberikan sesuai keinginan kelompok tani hutan tersebut.

Pada kesempatan yang sama dilakukan juga penandatanganan Kesepakatan Konservasi antara Balai Besar KSDA Riau dengan Desa Kampung Pulau dan juga Desa Sungai Guntung Tengah. Kedua desa berkomitmen untuk ikut serta menjaga kelestarian hutan SM Kerumutan. Serangkaian kegiatan yang dilakukan merupakan implementasi dari fungsi Balai Besar KSDA Riau dalam melakukan pemberdayaan masyarakat yang berada di sekitar kawasan konservasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini