Mitigasi Interaksi Negatif Gajah Liar dan Manusia di Langgam

Rabu, 26 Oktober 2022

Pekanbaru, 24 Oktober 2022 - Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin Kepala Resort, Tamrin Sitinjak, bersama Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melakukan mitigasi interaksi negatif antara manusia dan gajah sumatera di Kelurahan Langgam, Kec. Langgam, Kab. Pelalawan pada Senin dan Selasa, 17 s/d 18 Oktober 2022.

Tim melakukan koordinasi dengan Lurah Langgam, Pak Harlis dan Ketua RW, Pak Ali, terkait gajah liar yang masuk ke kebun warga. Menurut keterangan Pak Ali, gajah liar sudah tiga hari di areal kebun warga di perbatasan Langgam dan Rantau Baru. Saat bersama warga menuju lokasi terakhir gajah terlihat, tim bertemu beberapa warga yang sudah melakukan penggiringan  mengarah  ke hutan desa Rantau Baru sehari sebelumnya dan kedua ekor gajah belum muncul kembali.  Kedua gajah teridentifikasi bergading, kemungkinan keduanya jantan. Jejak gajah yang ditemukan kemudian disusuri, namun karena hujan, tim kesulitan menyusuri jejak gajah selanjutnya dan disimpulkan bahwa gajah liar tersebut hanya melintas di areal tersebut.

Balai Besar KSDA Riau menyarankan kepada warga agar membuat  api unggun dan bunyi bunyian apabila gajah mendekati kebun dan bersama – sama secara terkoodinir menggiring ke arah masuk menuju hutan. Petugas juga menghimbau kepada warga untuk tidak melakukan tindakan anarkis/melukai satwa yang dilindungi agar menghindari hal hal yang tidak diinginkan dan selalu berkomunikasi dengan pihak Balai Besar KSDA Riau.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini