Mitigasi Interaksi Negatif Manusia dan Harimau Sumatera

Senin, 24 Oktober 2022

Pekanbaru, 22 Oktober 2022. Balai Besar KSDA (BBKSDA) Riau menindaklanjuti mitigasi interaksi negatif antara Harimau Sumatera (HS) di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Senin (17/10). Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Sugito memimpin tim menuju lokasi untuk penyelamatan satwa dan membangun kembali rasa aman atas keresahan masyarakat terkait munculnya harimau sumatera di wilayah tersebut.

Koordinasi dan diskusi dilakukan dengan pihak Desa Teluk Lanus terkait kemunculan harimau sumatera di areal pemukiman warga. Lokasi yang diduga dilewati harimau sumatera dan tempat ternak warga menjadi korban juga turut diamati. Berdasarkan pengamatan, terdapat beberapa jejak yang dekat dengan kandang ayam milik masyarakat, petugas kemudian mengambil dan memploting koordinat GPS dan diketahui bahwa TKP tersebut terletak dalam status kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT).

Untuk membangun rasa aman bagi masyarakat yang beberapa hari ini merasa khawatir keluar rumah, Tim juga melakukan pemasangan Boxtrap di Desa Teluk Lanus. Pemilihan lokasi pemasangan Boxtrap didasarkan atas tingkat kemunculan harimau sumatera berupa jejak dan tanda lainnya yang banyak/sering ditemukan di lokasi tersebut. Boxtrap yang dipasang diberikan umpan  berupa seekor kambing dan di sekitar boxtrap dipasang camera trap (CT) 3 unit untuk memantau pergerakan harimau sumatera. Hingga saat berita ini diluncurkan, berdasarkan hasil cek boxtrap dan camera trap diketahui masih tetap seperti awal pemasangan.

Desa Teluk Lanus merupakan bagian dari hamparan landskap semenanjung kampar dan merupakan salah satu kantong harimau sumatera yang memiliki populsi tertinggi di Provinsi Riau.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau (SIARAN PERS Nomor : PG. 2490 /K.6/TU/HMS.2.1/10/2022 tanggal 22 Oktober 2022)

Nara sumber : Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S. Hasibuan

Penanggungjawab berita : Humas Balai Besar KSDA Riau

Alamat kantor :Jl. HR Subrantas km. 8,5 Pekanbaru

Call Center : 081374742981
Wesite : http://bbksdariau.id
Twiter : @BBKSDARIAU
Facebook : Bbksda Riau
Instagram : @bbksda_riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini