Penampakan Buaya di Sungai Babura Medan

Jumat, 21 Oktober 2022

Buaya yang terpantau warga di Sungai Babura

Medan, 21 Oktober 2022. Warga di sekitar sungai Babura, Jln. Jamin Ginting, Lingkungan I Kelurahan Darat, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, menyaksikan dan mendokumentasikan kehadiran seekor buaya di bantaran sungai, dengan ukuran panjang kurang lebih 1 meter, pada Minggu 16 Oktober 2022.  Tidak diketahui darimana asalnya, penampakan buaya ini kemudian dilaporkan kepada  Lurah Kelurahan Darat, Mikha Tarigan dan meneruskan ke Dinas Pemadaman dan Kebakaran (Damkar) Kota Medan.

Mengetahui bahwa penanganan buaya merupakan bagian tugas dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dinas Damkar Kota Medan segera melaporkannya pada Rabu, 19 Oktober 2022. Selanjutnya Tim gabungan Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Konservasi Wilayah Pelabuhan Belawan bersama dengan Kepala Lingkungan 1 Kelurahan Darat, Kepala Lingkungan 4 Kelurahan Polonia, Polwan Bhabinkamtibmas serta staf Kelurahan Darat melakukan peninjauan lokasi dan meminta keterangan dari warga yang menyaksikan penampakan buaya tersebut.

Tim gabungan melakukan penelusuruan sepanjang bantaran sungai sesuai laporan warga. Hasil pemeriksaan Tim,  sepanjang 200 m di titik awal satwa dilaporkan masyarakat, buaya tidak ditemukan. Hal ini dikarenakan debit air sungai tinggi dan berarus air agak kencang. Selain itu, lokasi tempat penampakan buaya di sungai babura  pada lingkungan 1 Kelurahan Darat, Kecamatan Medan Baru merupakan bangunan ruko-ruko sepanjang bantaran sungai. Sedangkan yang masuk lingkungan 4 Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia merupakan  tanah kosong dan hanya rumput-rumput serta  semak-semak dan kebun pisang.

Tim menghimbau kepada warga agar waspada dan berhati-hati serta menghindari aktifitas di sepanjang bantaran sungai. Bila menemukan kembali keberadaan buaya tersebut segera melaporkan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara guna dilakukan penanganan. Sampai berita ini terbit,  Tim masih intens  berkomunikasi untuk memonitor keberadaan satwa buaya tersebut.

Sumber : Joni Pasaribu, SP. – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini