Revitalisasi Kawasan Konservasi TWA Sibolangit

Rabu, 19 Oktober 2022

Foto Bersama di Kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit          

TWA Sibolangit, 17 Oktober 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melaksanakan rapat pembahasan Revitaslisasi Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit di Ruang Visitor Sibolangit yang dihadiri oleh Kepala Balai Besar KSDA Sumut, Kepala Bidang Teknis, Kepala Bidang Wilayah I, Kepala Seksi Wilayah I, Kepala Subag Data, Evlap dan Kehumasan, Kepala Seksi P2, Kepala Seksi P3, Kasubag Program dan Kerjasama, Pejabat Fungsional, Kepala Resort TWA Sibolangit dan Staf Resort.

Kepala Balai Besar Bapak Rudianto, memimpin langsung rapat menyampaikan bahwa paparan dimulai dari Kepala Resort TWA Sibolangit dilanjutkan dengan Paparan dari Tim Revitalisasi TWA. Sibolangit Bapak Okto Manik setelah itu, diskusi untuk mendapatkan masukan dan ide-ide dalam rangka revitalisasi di maksud.

Hasil Pembahasan Revitalisasi Kawasan Konservasi masih ditampung berupa usulan kegiatan wisata di TWA Sibolangit seperti wisata olah raga, wisata kuliner, wisata buah, wisata healing, pengamatan burung, jembatan gantung/kaca dan usulan pembangunan demplot rusa. Semua usulan kegiatan wisata tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisata di TWA Sibolangit yang artinya akan meningkatkan PNBP. Selain itu perlu dibangun brand baru selain tetap mempertahanan kegiatan Ekoling (edukasi konservasi lingkungan). Upaya lainnya berupa revitalisasi bangunan yang sudah ada dan pembangunan sarpras baru yang benar-benar diperlukan  untuk meningkatkan kunjungan wisata TWA. Sibolangit sebagai contohnya wisata pengamatan burung dengan itu perlunya perbaikan sarana prasarana TWA Sibolangit seperti Keindahan Gapura, Toilet, Shelter, jalur interpretasi dan pengusulan pembuatan tempat perkemahan, jembatan gantung dan jalur trek sepeda gunung.

Peninjauan lapangan di TWA Sibolangit

Setelah melakukan Rapat Pembahasan dilanjutkan dengan Kunjungan langsung ke TWA. Sibolangit untuk meninjau jalur interpretasi, usulan lokasi perkemahan, lokasi jembatan gantung dan deck view.

Penanaman Pohon Durian oleh Kepala BBKSDA Sumut

Penghujung kegiatan dilaksanakan kegiatan penanaman pohon durian di dalam kawasan TWA. Sibolangit sebagai tanda dimulainya kegiatan Revitalisasi TWA. Sibolangit.  

Sumber : Rezki Indah Siregar – PEH Ahli Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini