Mitigasi Konflik di Kabupaten Rokan Hilir

Selasa, 11 Oktober 2022

Pekanbaru, 11 Oktober 2022 - Resort Dumai, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV, Balai Besar KSDA Riau bersama Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan dan masyarakat Kep.Tanjung Melawan, Kampung Madal, Kep. Labuhan Papan, Kec. Tanah Putih Tanjung Melawan, Kab. Rohil melakukan mitigasi konflik terkait adanya laporan gangguan satwa diduga harimau sumatera, Senin (3/10).

Tim gabungan turun ke lokasi menggunakan speedboat sekitar 30 menit dari jembatan Ujung Tanjung untuk memastikan informasi tersebut dan bertemu dengan saksi mata. Berdasarkan informasi, kejadian tersebut berada di pinggir sungai Rokan dan terjadi  berturut-turut sejak tanggal 27 September 2022 serta sudah memakan korban berupa hewan ternak kambing serta ayam milik saksi mata.

Petugas kemudian melakukan overlay, dengan hasil bahwa lokasi kejadian berada di dalam kawasan hutan produksi dengan tutupan vegetasinya berupa sawit, dan berdekatan dengan konsesi PT. RUJ yang merupakan lintasan harimau sumatera.

Masyarakat meminta petugas untuk segera melakukan evakuasi guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Petugas juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati apabila beraktifitas di kebun dan tidak beraktifitas sendiri serta tidak melakukan aktifitas di luar rumah saat petang hingga terbitnya matahari.

Camera trap kemudian dipasang di 3 lokasi di mana harimau sering muncul dan petugas berpesan agar tidak anarkis terhadap satwa tersebut karena merupakan satwa yang dilindungi UU serta kewajiban bersama untuk menjaga serta melestarikannya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini