Potensi Air Bersih Resort Dumai

Selasa, 11 Oktober 2022

Pekanbaru, 11 Oktober 2022 - Awal September 2022, Resort Dumai, Balai Besar KSDA Riau melakukan pengecekan dan inventarisasi potensi air bersih yang dimanfaatkan warga untuk rumah tangga dan komersialisasi. Kegiatan dilakukan di perkampungan warga dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai, RT 01, Kelurahan Bukit Datuk.

Diketahui sebanyak 120 kk di RT 01 Kelurahan Bukit Datuk, memanfaatkan air bersih menggunakan sumur bor dan kurang lebih 25 titik kolam yang dimanfaatkan untuk komersialisasi air bersih. Teridentifikasi, saat ini yang aktif hanya 13 titik dan 12 titik tidak aktif beroperasi karena beberapa hal seperti mendapat pekerjaan di luar, sumber air bersih berkurang di beberapa titik, kehilangan konsumen, beberapa konsumen di kota Dumai sudah beralih menggunakan sumur bor dan PDAM program pemerintah Kota Dumai, dan terjadinya persaingan harga.

Sedangkan dari 13 titik yang disurvey, terdapat kedalaman sumur rata-rata 12-20 meter dan memiliki kapasitas kolam tampung rata-rata: 27.692 M3, memiliki ouput pengiriman rata-rata: 6.000 s/d 36.000 lt/hari dan nilai ekonomi/omzet perhari dari 13 sample titik kolam aktif mencapai Rp 3.990.000,-

Berdasarkan data dari survey, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemanfaatan air bersih di dalam kawasan memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Ke depannya dapat dilaksanakan kegiatan pengkajian yang lebih mendalam terkait potensi air bersih dan kualitas air yang dapat dijadikan salah satu sarana penanganan konflik tenurial dengan masyarakat yang terlanjur tinggal di dalam kawasan. Dan apabila memungkinkan, sumber air bersih dapat menjadi salah satu sumber PNBP melalui branding dan pengemasan yang baik untuk dipasarkan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini