BBKSDA Riau Pantau Kemajuan Tiga KTH Binaan

Selasa, 11 Oktober 2022

Pekanbaru, 11 Oktober 2022 - Resort Kerumutan Selatan, Balai Besar KSDA Riau, memonitoring kondisi sapi bantuan Balai Besar KSDA Riau Tahun 2022 sebanyak lima ekor yang dikelola Kelompok Tani Hutan (KTH) Usaha Bersama, Desa Sungai Guntung Tengah, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu, Senin (3/10). Kondisi sapi terlihat baik dan sehat serta semua sapi telah divaksin untuk mencegah virus PMK.

Kelima sapi yang ditempatkan dalam satu kandang dirawat dan dipelihara secara bergiliran oleh anggota kelompok tani. Balai Besar KSDA Riau juga memberikan edukasi KTH untuk benar-benar merawat dan menjaga sapi-sapi tersebut agar dapat berkembang biak dengan baik serta bermanfaat bagi kelompok dan masyarakat lainnya.

Tak berhenti di satu KTH, Balai Besar KSDA Riau juga menyambangi KTH Sungai Mengkuang Bertuah di Desa Kampung Pulau untuk berdiskusi bersama Ketua kelompok dan anggota KTH tentang budidaya ikan patin berbasis kolam yang merupakan bantuan Balai Besar KSDA Riau pada tahun yang sama.

Budidaya tersebut saat ini sudah berjalan sekitar bulan, dengan satu kolam terdapat kurang lebih 7500 ekor ikan patin dalam kondisi baik dan sudah berukuran 12-15 cm. Setelah berdiskusi, petugas memberikan saran kepada ketua kelompok untuk menambah pakan selain pelet yaitu ulat magot, siput dan usus ayam potong sebagai tambahan nutrisi agar perkembangannya sesuai yang diharapkan.

Pada hari berikutnya, petugas Balai Besar KSDA Riau bersilaturahmi ke Kades Sungai Guntung Tengah, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu sekaligus monitoring dan pembinaan KTH Sadar Bahagia Desa Rantau Bakung, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu. Dalam koordinasi, Pak Kades menyampaikan akan menghimbau warganya untuk tidak melakukan aktivitas ilegal di luar dan di dalam kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan dan akan melakukan patroli bersama guna mencegah terjadinya perambahan serta karhutla di sekitar maupun di dalam kawasan.

KTH Sadar Bahagia merupakan KTH Binaan Balai Besar KSDA Riau bersama BRG sejak tahun 2021 dengan bantuan sapi sebanyak 12 ekor (8 ekor dari BRG dan 4 ekor dari BBKSDA Riau). Semuanya terpantau dalam kondisi sehat.

Harapannya semoga terus berkembang dengan baik dan membantu perekonomian masyarakat sehingga masyarakat sejahtera, kawasan terjaga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini