Cek dan Ricek SM Kerumutan

Selasa, 11 Oktober 2022

Pekanbaru, 11 Oktober 2022 - Resort Kerumutan Utara (Teluk Meranti), Balai Besar KSDA Riau melakukan patroli pengamanan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan dari Rabu hingga Jumat, 28 s.d 30 September 2022. Patroli dilakukan melalui akses "Parit Simbolon", di Desa Teluk Binjai yang mengarah ke dalam SM Kerumutan dan Sungai Kerumutan. Kedua akses tersebut berada di Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan.

Di "Parit Simbolon", ditemukan tempat yang diduga sebagai lokasi penumpukan kayu illegal logging (illog) namun hanya menemukan beberapa tali dan beberapa potongan kayu illog, satu unit sepeda angkut dan tanaman sawit ± berumur 1 tahun yang sudah dimusnahkan oleh Tim. Perambahan diperkirakan seluas ± 0,5 ha dan merupakan lahan bekas terbakar tahun 2019.

Tim juga berjumpa dengan dua orang pemburu satwa yang berdomisili di Kec. Bandar Petalangan, Kab. Pelalawan dan diberikan sosialisasi terkait satwa liar dan SM Kerumutan serta meminta mereka untuk segera keluar kawasan serta tidak mengulangi perbuatannya.

Patroli diakhiri dengan perbaikan papan informasi dan menyusuri jalur illog sepanjang ± 4 km melalui Sungai Kerumutan dan Sungai Kempas, namun tidak ditemukan kayu dan pondok illog.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini