Diduga Harima Sumatera, BBKSDA Riau Gali Informasi

Selasa, 11 Oktober 2022

Pekanbaru, 11 Oktober 2022 - Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar KSDA Riau melakukan mitigasi konflik manusia dan satwa liar yang dipimpin Kepala Resort, Bapak Zulkifli bersama KPBD Kab. Inhu, Bhabinkamtibmas Polsek Rengat Barat, Kesbang Pol Kab. Inhu, Sekdes, Kadus dan masyarakat Desa Tanah Datar, Kec. Rengat Barat, Kab. Inhu, Kamis (29/9).

Koordinasi dan penggalian informasi dilakukan terkait laporan masyarakat tentang perjumpaan satwa yang diduga harimau sumatera. Perjumpaan tersebut terjadi sekitar satu minggu sebelumnya di sebuah kebun karet warga saat menderes kebun karetnya.

Tim gabungan bersama Kepala Dusun dan masyarakat turun ke lokasi perjumpaan satwa untuk melakukan pengececkan, namun di lokasi, Tim tidak menjumpai  baik berupa jejak maupun tanda lain adanya keberadaan satwa tersebut.

Tim gabungan juga melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam melakukan aktivitas di luar rumah terutama pada pagi dam sore hari. Masyarakat diingatkan agar tidak melakukan perburuan dan memasang jerat serta tidak anarkis terhadap satwa karena merupakan asset negara yang dilindungi oleh undang-undang. Dan bagi pelanggarnya akan dikenai sanksi pidana berdasarkan UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Simber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini