Bantuan 3 Ekor Sapi Untuk Peningkatan Ekonomi KTH Indah Bersama

Senin, 10 Oktober 2022

Tim monitoring memantau bantuan 3 ekor sapi kepada KTH Indah Bersama

Tanjung Pura, 10 Oktober 2022. Kelompok Tani Hutan (KTH) Indah Bersama merupakan salah satu kelompok kemitraan konservasi di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut yang secara administrasi pemerintahan berada di Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. KTH tersebut menerima bantuan peningkatan usaha ekonomi produktif tahun 2022 dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara berupa pengadaan 3 (tiga) ekor ternak sapi, dan ini sesuai dengan permohonan dari Kelompok KTH Indah Bersama sebelumnya. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, melakukan monitoring dan pendampingan berupa pembinaan, arahan serta bimbingan atas pemberian bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif tersebut di sekretariat KTH Indah Bersama, Kamis (6/10).

Kepala Desa Suka Maju, Saharuddin Ahmad, yang hadir dalam pembinaan dan bimbingan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara sembari berharap agar bantuan yang diberikan dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok. Dan keberhasilan KTH Indah Bersamaini nantinya dapat pula ditularkan ke kelompok masyarakat lainnya.

Sementara itu Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert BP Aritonang, S.Sos,  MH., yang didamping staf menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka  meningkatkan penghasilan (perekonomian) masyarakat serta berdampak positif juga bagi pelestarian kawasan konservasi, khususnya SM. Karang Gading dan Langkat Timur Laut. Bantuan sejenis juga sudah diserahkan kepada kelompok masyarakat (KTH) lainnya, seperti budidaya lebah madu dan budidaya perikanan dengan pola silvofishery.

Tim monitoring sedang memberikan pembinaan serta bimbingan kepada pegurus dan anggota KTH Indah Bersama

Bantuan ternak sapi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan konservasi agar lebih berdaya dan sejahtera dengan harapan utama kawasan konservasi dapat terjaga kelestariannya serta ekosistem hutan mangrove kembali pulih. Kedepannya ke-3 sapi jantan akan dirawat dan dibesarkan oleh KTH Indah Bersama dengan skema penggemukan, kemudian nantinya dijual dan hasilnya diharapkan akan memperoleh kembali sapi-sapi yang jumlahnya bertambah (lebih) dari sebelumnya.

Diakhir acara dilakukan penandatangan berkas administrasi Serah Terima Bantuan disaksikan oleh Kepala Desa Suka Maju dan dihadapan seluruh anggota KTH Indah Bersama serta staf Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. Semoga upaya ini berguna bagi masyarakat demi terwujudnya “Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera !”

Penandatangan dokumen Serah Terima Bantuan

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini