Bantuan Anak Kambing Untuk KTH Rambahan

Jumat, 07 Oktober 2022

Rambahan, 7 Oktober 2022 – Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) memberikan bantuan ekonomi pemberdayaan masyarakat dan pertemuan kader konservasi di Desa Rambahan, Kec. Logas Tanah Darat, Kab. Kuantan Singingi, Kamis (6/10). Bantuan yang diberikan berupa sejumlah uang tunai yang telah dibelanjakan menjadi 30 ekor kambing betina dan dibagikan kepada 15 anggota kelompok tani hutan (KTH) Rambahan Berkah, masing-masing anggota diamanahkan untuk merawat 2 ekor kambing.

Secara simbolis kambing diserahkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Tesso Nilo, Delfi Andra S.P. dan diterima oleh Ketua KTH Rambahan Berkah di Balai Desa Rambahan. Kemudian petugas melakukan pengecekan masing-masing kambing yang sebelumnya sudah didistribusikan kepada masing-masing anggota kelompok.

Kepala Desa menegaskan kepada seluruh anggota kelompok bahwasanya kambing yang diberikan merupakan tanggung jawab kelompok dan akan digulirkan ke masyarakat yang lain di luar kelompok agar lebih banyak masyarakat Desa Rambahan yang menerima manfaat dari bantuan tersebut. Balai TN Tesso Nilo juga berharap bantuan ekonomi berupa hewan kambing yang telah diberikan kepada kelompok dapat berkembang dengan baik dan memberikan manfaat ekonomi secara langsung bagi anggota kelompok dan masyarakat Desa Rambahan. Dan kegiatan selanjutnya, petugas akan melakukan pendampingan kelompok secara berkala dan monitoring progres pemberdayaan untuk memantau perkembangan dari program KTH.

Pertemuan tersebut juga dilakukan pembentukan kader konservasi Desa Rambahan, dimana disepakati usulan nama-nama kader konservasi Desa Rambahan akan disampaikan melalui surat Kepala Desa ke Balai TN. Tesso Nilo untuk diproses lebih lanjut.

Sebagai informasi kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Rambahan, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Rambahan di Hati (ternak sapi), Ketua dan anggota KTH Rambahan Berkah sebanyak 15 orang. Kegiatan pada dua KTH yaitu pada tahun 2019, KTH Rambahan Di Hati pada bidang kegiatan ternak sapi dan pada tahun 2022, KTH Rambahan Berkah pada bidang kegiatan ternak kambing. Pada tahun 2022 ini, Desa Rambahan kembali mendapatkan bantuan ekonomi untuk kedua kalinya sebagai penghargaan atas keberhasilan KTH Rambahan Di Hati.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini