Ecoprint, Bantu Kesejahteraan Masyarakat Sekitar TaNa Rawa

Jumat, 07 Oktober 2022

Konawe Selatan, 7 Oktober 2022. Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TaNa Rawa) menggelar pelatihan ecoprint di Wisma Cinta Alam dengan narasumber Ibu Tutun Seliari ST., M.Sc. dari Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, Kamis (6/10).  Pelatihan diikuti sebanyak 30 orang peserta yang didominasi oleh ibu rumah tangga dari Desa Tatangge, Desa Lanowulu, Desa Roraya dan Desa Padaleu. Adanya potensi kekayaan alam berupa tumbuh-tumbuhan sekitar kawasan dapat menjadi modal potensial yang dapat digunakan sebagai bahan ecoprint yang ramah lingkungan.

Pelatihan ecoprint tak hanya materi yang disampaikan oleh nara sumber, praktek pembuatan ecoprint juga diajarkan seperti teknik pukul-pukul (pounding) maupun teknik kukus (steam). Produk dari ecoprint yang dihasilkan berupa kain dan tote bag yang membuat antusias dan komitmen peserta pelatihan menyatakan bahwa mereka cukup tertarik untuk mengembangkan usaha ecoprint.

Kepala Balai TN Rawa Aopa Watumohai, Ali Bahri, S.Sos., M.Si., berharap dari pelatihan ini muncul jenis usaha ekonomi kreatif baru yang dapat menjadi alternatif usaha lain demi meningkatkan ekonomi masyarakat.  

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini