Jaga Kawasan 24 Jam, Petugas Sosialisasi Pola Pengelolaan ke Masyarakat Sekitar

Jumat, 07 Oktober 2022

Lubuk Kembang Bunga, 6 Oktober 2022.  Piket penjagaan hutan alam Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN)  terus digiatkan setiap harinya, kali ini Balai TN Tesso Nilo mengerahkan sebanyak 10 orang untuk bertugas 24 jam menjaga hutan. Petugas tersebut melakukan patroli di hutan alam tepatnya Resort Air Hitam Bagan Limau, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) Balai TNTN, Rabu (5/10).

Dari hasil penelusuran, petugas menemukan tumpukan kayu illegal logging di daerah AM Resort Air Hitam Bagan Limau, namun pelaku tidak dapat ditemukan. Pencarian pelaku kemudian dilakukan dengan patroli dan pemantauan di jalur utama keluar dari lokasi tersebut. Dalam perjalanan patroli, petugas didatangi warga sekitar berjumlah sekitar 40 orang, kemudian mereka diberikan sosialisasi dan kesempatan berdialog dengan petugas. Petugas menghimbau untuk menjaga keutuhan hutan alam TN Tesso Nilo.

Diskusi dan dialog mengenai arah pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo ke depan dilanjutkan pada malam hari di kediaman Ketua RT.13 AM di Desa Air Hitam. Petugas mengajak Ketua RT agar bersama-sama menjaga kawasan hutan dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaganya.

Petugas Balai TN Tesso Nilo akan terus berkomitmen dan bersinergi kuat bersama pihak-pihak dalam menyelamatkan hutan alam tersisa yang diikuti dengan implementasi di lapangan. Upaya pengamanan pada wilayah-wilayah tersebut akan terus ditingkatkan untuk mencegah tindakan ilegal pengrusakan hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini