Kawanan Gajah Terlihat, Mitigasi Konflik Dilakukan

Selasa, 04 Oktober 2022

Pekanbaru, 3 Oktober 2022 - Balai Besar KSDA Riau bersama Rimba Satwa Foundation (RSF), Himpunan Penggiat Alam (HIPAM) dan karyawan PT. ARARA ABADI Distrik 1 Melibur menggelar patroli dan mitigasi konflik satwa gajah dan manusia berbasis SMART. Mitigasi ini  berawal dari informasi warga bahwa sekitar 20 ekor gajah masuk ke kebun warga di kantong populasi gajah Balai Raja dan Giam Siak Kecil, tepatnya di Kampung/Desa Lubuk Umbut, Kec. Sungai Mandau, Kab. Siak selama 2 hari (17 s/d 18 September 2022).  

Tim gabungan juga melakukan sosialisasi agar warga tidak anarkis terhadap satwa dilindungi tersebut. Penelusuran juga dilakukan untuk mencari keberadaan gajah hingga keesokan harinya dan melihat lokasi kebun yang di rusak gajah. Tanaman yang di rusak kawanan gajah di kebun adalah pohon pisang dan sawit sebanyak 4 batang  yang berumur 2 tahun.

Kawanan gajah masuk kebun pada malam hari dan keluar menjelang subuh. Dari keterangan warga kawanan tersebut bergerak ke arah km 80 Lubuk Umbut. Tim menyampaikan pada warga agar berhati hati dalam beraktifitas.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini