Balai TN Tesso Nilo Lepasliarkan Anakan Kukang

Jumat, 16 September 2022

Baserah, 24 Agustus 2022 – Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) beserta jajaran melakukan pelepasliaran terhadap satu ekor satwa Kukang (Nycticebus coucang) di kawasan hutan alam Taman Nasional Tesso Nilo, Rabu (24/8).

Satwa kukang yang dilepasliarkan merupakan kukang yang diserahkan masyarakat Desa Makmur, sp.6 Pangkalan Kerinci, Pelalawan kepada petugas Balai TN Tesso Nilo pada 23 Agustus 2022 silam di Kantor Balai TN Tesso Nilo. Petugas mengidentifikasi kukang tersebut masih berusia anakan dan berjenis kelamin jantan.

Satwa kukang yang dilepasliarkan berasal dari pemberian seorang kerabat dari masyarakat yang menyerahkan pada beberapa hari sebelum mendatangi kantor Balai. Menyadari satwa tersebut bukanlah satwa yang umum dipelihara, masyarakat tersebut kemudian mencari tahu apakah satwa kukang ini dilindungi atau tidak. Setelah mengetahui status perlindungan dari kukang, masyarakat tersebut langsung menghubungi petugas Balai TN Tesso Nilo sebagai instansi yang diketahui memiliki mandat penyelamatan tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Terdekat.

Kukang tersebut berhasil dilepaskan dengan kondisi yang sangat sehat dan cukup cepat beradaptasi dengan alam. Balai TN Tesso Nilo sangat menghargai dan mengapresiasi masyarakat yang telah memiliki kesadaran untuk menyerahkan satwa yang dilindungi undang-undang kepada petugas terkait dan tidak memelihara satwa tersebut. Balai TN Tesso Nilo berharap kesadaran masyarakat mengenai kelestarian dan perlindungan satwa liar semakin tinggi lagi.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini