Maksimalkan Perlindungan Kawasan Dengan Terapkan Piket Penjagaan

Jumat, 16 September 2022

Ukui, 12 September 2022 – Efektifitas pengelolaan serta memaksimalkan perlindungan dan penjagaan kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Balai TN Tesso Nilo menerapkan piket penjagaan dan patroli berkelanjutan. Piket penjagaan ini dilakukan secara bergantian oleh petugas dengan pertukaran jadwal tim setiap lima hari sekali.

Tim piket melakukan penjagaan di areal hutan alam TN Tesso Nilo. Aktifitas illegal yang ditemukan, kemudian ditindaklanjuti dan ditindak tegas berupa pemberian peringatan secara tertulis, penyitaan dan penghancuran barang illegal dan barang bukti seperti pondok perambah, kayu, dan lain sebagainya. Petugas juga melakukan pendataan kepada masyarakat yang bermukim di dalam kawasan untuk diberi tindak lanjut. Selain itu petugas juga melakukan pemasangan plang informasi/larangan di areal-areal strategis seperti pintu masuk, jalan terbuka dll. Tim juga menyebarkan biji bibit tanaman kehutanan di areal terbuka sebagai upaya rehabilitasi alami kawasan. Sosialisasi kepada masyarakat juga gencar dilakukan untuk menyebarluaskan informasi mengenai larangan melakukan aktifitas illegal didalam kawasan TN Tesso Nilo.

Kepala Balai TN Tesso Nilo mengungkapkan piket penjagaan ini sangat penting dilakukan, kehadiran petugas di lapangan berperan besar untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan terutama untuk mempertahankan tutupan hutan alam di TN Tesso Nilo.


Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini