Indikasi Areal Terbuka, Balai TN Tesso Nilo Dampingi Penyidik Gakkum

Jumat, 16 September 2022

Baserah, 14 September 2022 – Petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) kembali giatkan patroli kawasan hutan alam dan pendampingan kepada tim penyidik Gakkum. Tim SPTN Wilayah II Baserah dan tim penyidik Gakkum melakukan patroli di areal Resort Onangan Nilo SPTN II Baserah, Rabu, (14/9) untuk melakukan identifikasi jenis tanaman yang sudah ditumbang di TKP kasus tipihut yang telah terjadi pada beberapa waktu silam.

Tim penyidik Gakkum mendapatkan sampel kayu jenis tanaman Sendok-sendok, Meranti merah dan Balam serta di areal lainnya ditemukan pondok perambah. Tim melakukan tindakan perobohan dan pembakaran pondok perambah bersama tim penyidik Gakkum dan melakukan pemasangan PPNS Line di sekitar lokasi.

Pengecekan juga dilakukan atas tindak lanjut informasi yang diberikan masyarakat bahwa adanya bukaan baru pada areal dan diketahui areal tersebut sudah ditumbang dan ditanami sawit baru tanam. Dari hasil temuan dilakukan pencabutan beberapa bibit -bibit sawit yang telah ditanam di areal tersebut.

Tim  menutup kegiatan ini dengan memblokir jalan masuk ke areal tumbangan sebelumnya dan memasang PPNS Line pada jalan tersebut. Petugas juga menyampaikan akan melakukan penjagaan kawasan lebih insentif lagi untuk mencegah aktifitas tipihut lainnya di kawasan TN Tesso Nilo.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini