Harimau Serang Karyawan HTI

Rabu, 14 September 2022

Pekanbaru, 14 September 2022 - Seorang karyawan bernama Nihar (41 thn) kontraktor PT. RPM, rekanan perusahaan pemegang ijin hutan tanaman industri (HTI) di wilayah Kab. Pelelawan Provinsi Riau dievakuasi ke RSUD Selisih Pangkalan Kerinci, Minggu (4/9) sekitar pukul 23.10 WIB. Sebelumnya yang bersangkutan telah mendapatkan pertolongan pertama di klinik mitra perusahaan tempatnya bekerja karena mengalami luka dibeberapa bagian tubuhnya akibat adanya interaksi negatif dengan harimau sumatera berupa serangan dan cakaran.

Kejadian tersebut berada di areal konsesi HTI yang berlokasi di dalam kawasan hutan produksi di Desa Serapung, Kec. Kuala Kampar, Kab. Pelalawan, Prov. Riau. Adapun kronologis kejadian berawal pada Sabtu, 3 September 2022 sekira pukul 22.00 WIB, dimana Sdr. Nihar berniat untuk buang air kecil ke kamar mandi di belakang barak/camp. Pada saat keluar dari pintu barak/camp dan berjalan ke arah kamar mandi, tiba-tiba dikagetkan dengan adanya seekor harimau sumatera di depannya. Harimau tersebutpun terkejut dengan kehadiran Sdr. Nihar sehingga melakukan serangan dengan mencakar beberapa bagian tubuhnya. Sdr. Nihar kemudian berteriak meminta pertolongan dan beberapa orang rekannya datang sehingga harimaupun pergi menjauh.

Upaya lapangan yang dilakukan atas kejadian tersebut adalah dengan menekankan kepada semua karyawan untuk berhati-hati beraktivitas di luar camp, tidak keluar camp sendirian ketika malam hari dan memasukkan hewan peliharaannya ke dalam kandang tertutup agar tidak mengundang harimau mendekati camp. Tim juga menghimbau untuk melakukan pembersihan areal sekitar camp dan memasang terpal/plastik hitam mengelililingi camp sebagai penghalang pandangan harimau.

Untuk memantau pergerakan dan keberadaan harimau sumatera tersebut, telah dilakukan pemasangan camera jebak sejumlah 10 unit. Balai Besar KSDA Riau terus berkoordinasi dengan manajemen perusahaan untuk upaya komprehensif konservasi harimau di area konsesinya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini