Pelepaliaran Hasil Sinergisitas Antar Instansi di Bidang Konservasi

Rabu, 24 Agustus 2022

Yogyakarta, 23 Agustus 2022. Rangkaian road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), Balai KSDA Yogyakarta bekerjasama dengan Wildlife Rescue Centre - Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (WRC – YKAY) dan dengan dukungan dari Pertamina  Fuel Terminal Rewulu, Jasa Raharja serta Gembira Loka Zoo (GL Zoo) melepasliarkan Landak Jawa (Hystrix javanica) di kawasan TN Gunung Merapi, hari Selasa, 23 Agustus 2022.

Satwa yang dilepasliarkan berjumlah 16 (enam belas) ekor, dimana 14 (empat belas) ekor merupakan satwa sitaan Polresta Yogyakarta dan sudah berstatus inkrah, sedangkan 2 (dua) ekor merupakan sitaan Ditreskrimsus Polda DIY yang diselesaikan melalui restorative justice. Satwa-satwa tersebut oleh Balai KSDA Yogyakarta selanjutnya dititiprawakan di WRC Jogja – YKAY sejak tanggal 29 Maret 2022. Setelah dilakukan serangkaian tes kesehatan dan penilaian perilaku, landak dinyatakan sehat dan direkomendasikan untuk segera dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

Pelepasliaran landak dilakukan di kawasan Tlogo Nirmolo, TN Gunung Merapi. Kawasan ini dipilih sebagai lokasi pelepasliaran landak berdasarkan pertimbangan kondisi habitat yang cukup layak untuk landak untuk dapat bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik, sehingga mampu melaksanakan fungsi ekologisnya dengan optimal.

Satwa landak jawa yang dilepasliarkan ini merupakan hewan pengerat yang dilindungu undang-undang berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Pelepasliaran satwa ditempuh sebagai bentuk penyelamatan satwa lebih baik. Melalui pelepasliaran satwa diharapkan populasi satwa di alam akan tetap dapat dipertahankan, dengan demikian keseimbangan ekosistemnya akan dapat terus terjaga.

Dilaksanakannya pelepasliaran satwa ini menunjukkan adanya sinergisitas peran antara instansi dan organisasi yang memiliki konsen di bidang konservasi. Apresiasi yang tinggi diberikan kepada WRC – YKAY yang telah menampung dan merawat satwa landak ini selama berlangsungnya proses penyidikan oleh Polda DIY hingga tahap siap dilepasliarkan. Terimakasih juga diucapkan kepada Pertamina  Fuel Terminal Rewulu, Jasa Raharja serta Gembira Loka Zoo (GL Zoo) yang telah terbukti menunjukkan kepeduliannya terhadap upaya konservasi di Indonesia dan khususnya di DIY. Selain itu dukungan aparat penegak hukum dalam menertibkan kepemilikan dan perdagangan satwa liar illegal juga patut mendapatkan apresiasi. Polda DIY dengan Balai KSDA Yogyakarta selama ini telah menjalin kersama yang apik dalam upaya penyelamatan satwa dilindungi. Kepedulian dan kerjasama berbagai pihak ini diharapkan dapat mewujudkan terjaganya kelestarian satwa liar di alam. 

Penanggung jawab berita:

Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi:

Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Wildlife Rescue Centre Jogja - drh. Irhamna Putri R. (HP 0857-0016-8810)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini