Manggis Komoditi Unggulan Kelompok Tani Binaan BBKSDA Sumut

Rabu, 24 Agustus 2022

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Raya Tarigan, S.Sos., sedang melakukan penanaman perdana bibit tanaman manggis disaksikan pengurus dan anggota KT. Asa Nduma

Kecupak II, 24 Agustus 2022. Hari Selasa, 23 Agustus 2022, menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Desa Kecupak II, Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat yang tergabung dalam Kelompok Tani (KT) Asa Nduma. Karena pada hari itu rombongan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang beserta staf menyambangi desa tersebut untuk menyerahkan bantuan peningkatan ekonomi produktif masyarakat sekitar kawasan konservasi, berupa bibit tanaman manggis okulasi sebanyak 1.000 batang serta pupuk kompos dan dolomite untuk digunakan oleh anggota kelompok tani.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang yang didampingi petugas Resort Suaka Margasatwa (SM) Siranggas, menyampaikan kepada pengurus dan anggota KT. Asa Nduma, bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, dan pemberian bibit tanaman manggis memenuhi keinginan dari warga yang sebelumnya disampaikan dalam beberapa pertemuan/pendampingan.

1.000 batang tanaman manggis bantuan Balai Besar KSDA Sumatera Utara kepada KT. Asa Nduma

“Semoga dengan kerja keras dan ketekunan masyarakat, diharapkan  tanaman manggis ini kelak akan mememberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan anggota KT. Asa Nduma dan menjadi komoditi unggulan Desa Kecupak II. Namun jangan lupa pula, kami ajak bapak ibu untuk ikut menjaga kelestarian kawasan konservasi SM. Siranggas. Sehingga nantinya akan terbangun harmonisasi masyarakat sejahtera, hutan lestari,” ujar Tuahman Raya Tarigan.

Pengurus dan anggota KT. Asa Nduma ceria menerima bantuan

Sementara pengurus maupun anggota KT. Asa Nduma, menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada kepedulian Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang memberi bantuan untuk peningkatan ekonomi produktif masyarakat dengan tanaman manggis, sembari berharap tetap memberikan pendampingan. Masyarakat pun merasakan manfaat dari keberadaan kawasan SM. Siranggas sehingga berjanji akan tetap menjaga kelestarian kawasan tersebut.

Sumber : Tuahman Raya Tarigan, S.Sos. – Kepala Seksi Konsevasi Wilayah I Sidikalang, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini