Upaya Penanganan Mitigasi Konflik Gajah di Pelalawan

Senin, 22 Agustus 2022

Pekanbaru, 22 Agustus 2022 - Tim gabungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Yayasan TNTN dan perangkat Desa Bukit Kesuma serta masyarakat melakukan mitigasi konflik manusia dan gajah sumatera di Desa Bukit Kesuma, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan pada Senin dan Selasa, 15 s/d 16 Agustus 2022.

Semua petugas turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan jejak gajah terakhir yang ditemukan pada perbatasan areal HTI  PT. Arara Abadi namun gajah tidak ditemukan. Sampai pada malam harinya, Tim mendapat laporan gajah kembali masuk ke areal perkebunan masyarakat dan dilakukan pengecekan kembali. Tim akhirnya menemukan satu ekor gajah jantan sedang berjalan mengarah ke HTI PT. Arara Abadi, dikarenakan jalur yang ditempuh cukup sulit maka penggiringan dilakukan esok hari.

Esok harinya Tim dan warga kembali melakukan pengecekan jejak gajah terakhir di seberang sungai Pamai. Gajah ditemukan di sekitar areal greenbelt PT. Arara Abadi dan berjarak sekitar 1 km dari kebun masyarakat.

Upaya  penggiringan juga dilakukan agar gajah mengarah ke hutan TN Tesso Nilo. Namun gajah selalu berputar putar di sekitar areal tersebut. Edukasi dan sosialisasi juga terus diberikan kepada warga terkait habitat gajah dan upaya penanganan konflik agar situasi di lapangan tetap kondusif dan permasalahan ini cepat teratasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini