Road To HKAN 2022, BBKSDA Jawa Timur lepasliarkan Tukik di Malang Selatan

Jumat, 19 Agustus 2022

Malang, 18 Agustus 2022 – Dalam rangkaian Road To Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022 sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77, Balai Besar KSDA Jawa Timur kembali melepasliarkan Tukik jenis Penyu Lekang (Lepidochelys olivaceae), di Pantai Bajulmati Kabupaten Malang. Sebagaimana tema Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022 “Amertha Taksu Abhinaya” yaitu “Memulihkan Alam untuk Masyarakat Sejahtera”. Maka harapan terbesar pelepasliaran tukik adalah tukik bisa selamat sampai menjadi Penyu dewasa dan di masa yang akan datang akan kembali bertelur di Pantai Bajulmati Malang Selatan.

Tidak kurang dari 175 ekor tukik yang dilepasliar hari ini, merupakan hasil penyelamatan dari 3 sarang telur Penyu Lekang (Lepidochelys olivaceae) yang dilakukan oleh masyarakat penggiat dan pelestari Penyu “Pokwasmas Pilar Harapan” di pantai Bajulmati Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang pada tanggal 06 dan 10 Juni 2022,

Kegiatan pelepasliaran tukik kali ini yang bertepatan dengan momentum Road To HKAN 2022 dan perayaan HUT RI ke 77, merupakan salah satu upaya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar pantai dan pengelola wisata pantai untuk terus meningkatkan rasa keperduliannya dalam rangka pelestarian Penyu di wilayah Malang Selatan. Penyu Lekang (Lepidochelys olivaceae), merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Mewakili Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, dalam sambutan sebelum pelepasliaran, Mamat Ruhimat Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo, mengatakan “Pelepasliaran Tukik di Pantai Bajulmati Kabupaten Malang, merupakan salah satu upaya penyelamatan dan pelestarian satwa liar dilindungi jenis Penyu bersama masyarakat pada habitat di luar Kawasan Konservasi yang saat ini menjadi kawasan wisata pantai”. Tak lupa juga Mamat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pada para pihak, yang selalu bersama-sama dan semangat menjaga satwa dilindungi sebagai kekayaan hayati Indonesia: Perum Perhutani KPH Malang, Pos AL Sendangbiru, Polairud Sedangbiru, Muspika Gedangan, Mahasiswa Universitas Brawijaya, Universitas Muhamadiyah Malang, Pokmaswas Pilar harapan, masyarakat penggiat konservasi penyu, terutama Pak Sutari atas dedikasinya dalam upaya penyelamatan dan pelestarian Penyu di Malang Selatan.

Salam Lestari

Sumber: Hari Purnomo – Polisi Kehutanan Madya Balai Besar KSDA Jawa Timur

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini