Tali Asih Kepada Korban Gigitan Buaya di Sumba Timur

Kamis, 11 Agustus 2022

Waingapu, 10 Agustus 2022. Petugas Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) bersama petugas Polsek Pahunga Lodu dan aparat Desa Mburukulu, mendatangi rumah duka korban (umur 5 tahun) gigitan buaya yang terletak di Jalan Waingapu, Desa Mburukulu, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Petugas mendapatkan laporan dari masyarakat setempat bahwa ada korban gigitan buaya di desa tersebut.

Kedatangan petugas ke rumah duka melalui koordinasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur untuk memberikan tali asih kepada keluarga yang ditinggalkan. Saat ke rumah duka tersebut, keluarga dekat menjelaskan bagaimana kejadian itu terjadi. Sekitar pukul 16.00 WITA, orang tua korban pulang melaut dan korban ingin menghampiri kedua orang tuanya. Namun, korban tiba-tiba langsung ditarik menjauh dari  pantai oleh seekor buaya berukuran 3 meter dan dibawa ke kedalaman muara sedalam 3-4 meter. Setelah dilakukan pencarian selama 90 menit, korban ditemukan telah meninggal dunia dengan beberapa luka gigitan pada bagian kepala.

Keluarga mengucapkan terima kasih atas perhatian dari BBKSDA NTT dan Balai TN Matalawa. Keluarga dan masyarakat setempat mengharapkan agar instansi terkait dapat membantu mengatasi permasalahan buaya ini sehingga kejadian serupa tidak terulang.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

Teks: Dwi Agung Herdiyanto, S.H

Editor: Dwi Putro Notonegoro, S.Hut, M.S.E, M.Ec

Foto: Dwi Putro Notonegoro, S.Hut, M.S.E, M.Ec

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini