BBKSDA Sulsel Terima Penyerahan Karang Keras Merah Temuan Lantamal VI Makassar

Senin, 08 Agustus 2022

Makassar, 5 Agustus 2022 – Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Ir. Jusman menerima barang serahan berupa karang keras merah di Mako Lantamal VI Makassar. Dalam serah terima tersebut Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP menyerahkan 324 karung (koli).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Diskum Lantamal VI Makassar bahwa informasi terkait upaya pengiriman karang keras merah diperoleh dari hasil intelijen. Dimana karang keras merah tersebut merupakan hasil penambangan di Kepulauan Konservasi Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Sebanyak 324 karung (koli) berhasil diamankan dari Kapal Sabuk Nusantara 66 yang berlayar dari Pulau Sapuka Lompo menuju Baji Pangkep.

Barang temuan kemudian diamankan di Mako Lantamal VI Makassar. Menindaklanjuti penanganan barang temuan Lantamal VI Makassar melakukan koordinasi dengan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan. Selanjutnya Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan bersama dengan Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV melakukan koordinasi terkait mekanisme serah terima ke Lantamal VI Makassar pada tanggal 4 Agustus 2022.

Dari hasil koordinasi diputuskan serah terima karang keras merah hasil temuan dilakukan pada Jumat tanggal 5 Agustus 2022 bertempat di Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut VI Makassar. Karang keras yang diserahkan didominasi jenis Tubipora musica yang tergolong satwa liar dengan status kategori Appendiks II CITES yakni spesies yang tidak terancam kepunahan, namun mungkin terancam jika perdagangan terus berlanjut tanpa ada pengaturan. Sehingga dalam pemanfaatannya perlu diatur dengan mekanisme kuota.

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan - SIARAN PERS Nomor : SP.33/K.8/TU/Humas/08/2022

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini