ANECC Disambangi Tamu Dari Women 20 Summit

Senin, 25 Juli 2022

Ibu Dubes Turki dan Ibu Kapolda Sumatera Utara bercengkerama dengan gajah di ANECC

Aek Nauli, 25 Juli 2022. Pertemuan Women 20 (W 20) Summit berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 19 s.d 21 Juli 2022, di Hotel Niagara dan The Kaldera, persis tepatnya di tepi Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun. Pertemuan yang dihadiri delegasi 15 negara dan Uni Eropa, menjadi spesial karena dilaksanakan di kawasan Danau Toba, dimana oleh pemerintah telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas objek wisata.  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut menilai acara W 20 Summit, menjadi momentum untuk mempromosikan kawasan parawisata Danau Toba, Sumatera Utara, kepada dunia. Bukan hanya itu saja, kawasan-kawasan wisata lainnya yang mendukung keberadaan kawasan Danau Toba tentunya juga ikut merasakan dampaknya, seperti kawasan hutan dengan tujuan khusus Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC). ANECC dibangun pada akhir tahun 2016 oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Utara bersama dengan Balai Litbang LHK Aek Nauli, dan Lembaga Vesswec sebagai upaya dalam mewujudkan pengembangan konservasi, dan wisata ilmiah gajah di Indonesia, serta mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba.

Disela-sela padatnya kegiatan, ANECC mendapat kehormatan dikunjungi peserta  W 20 Summit, yaitu Ibu Duta Besar Turki, Sinta Agathia, yang didampingi Ibu Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Rita Panca Putra, pada Kamis 21 Juli 2022. Keduanya menikmati suasana lingkungan ANECC dengan berfoto bersama gajah, serta mengelilingi areal dan menyaksikan air terjun yang ada di sekitar lokasi.

Saat ditanya kesan dan pesannya, keduanya menyampaikan rasa gembira dapat mengunjungi ANECC dan sangat terkesan dengan suasana lingkungan yang asri, bersih dan sejuk. Keberadaan satwa gajah bagi keduanya juga menjadi daya tarik tersendiri, karena dapat mengedukasi pengunjung akan perlunya menyelamatkan satwa yang dilindungi tersebut dari ancaman kepunahan

Waktu yang singkat mengakhiri kunjungan tamu kehormatan, semoga kesan yang baik selama di ANECC dapat menjadi kenangan yang manis untuk dibawa pulang, dan harapannya kedepan dapat berkunjung kembali dengan membawa rombongan wisatawan lainnya.

Sumber : Yustiil Fazri – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini