BBKSDA Riau Terus Berbenah Turunkan Tingkat Konflik Satwa dan Manusia

Rabu, 20 Juli 2022

Pekanbaru, 20 Juli 2022 - Balai Besar KSDA Riau melalui Resort Siak, Resort Duri dan Mahout PLG Sebanga bersama masyarakat serta karyawan PT. TKWL melakukan kegiatan mitigasi konflik satwa liar gajah sumatera dengan manusia, Rabu (13/7) di Desa Buantan Besar, Kec. Siak, Kab. Siak.

Areal berada di kebun sawit dengan belukar bertanah gambut dimana arah timur adalah areal lindung PT. BKM dan arah barat adalah kebun sawit PT. TKWL. Lokasi tersebut strategis untuk gajah mencari makan dan berlindung saat dilakukan pencarian.

Sudah sejak awal muncul laporan, Tim rutin berkoordinasi dengan Tim dari PT. TKWL dan pemilik kebun sawit  di lokasi kemunculan gajah sumatera. Informasi dari pemilik lahan, gajah melakukan aktifitas di lokasi perkebunan dan kemudian masuk ke areal kebun PT. TKWL kemudian kembali lagi masuk ke dalam kawasan areal lindung.

Hasil monitoring tim ke areal lindung terpantau satwa gajah sumatera sudah mulai bergerak menjauh dari areal perkebunan PT. TKWL dan perkebunan masyarakat. Dari pemantauan satwa berdasarkan koordinat dari GPS Collar, akan dilakukan monitoring kembali untuk memastikan pergerakan gajah apakah telah menjauh dari areal perkebunan tersebut.

Untuk solusi penyelesaian  konflik manusia dan satwa liar yang terjadi terus menerus, diperlukan keseriusan dari berbagai pihak untuk duduk dan bicara bersama mencari solusi terbaik disamping komitmen semua pihak dalam realisasi penanganan terbaiknya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini