Kembali Datang ke Pemukiman Warga, Gajah Liar Kembali Diusir

Senin, 04 Juli 2022

Tanaman warga yang dirusak gajah

Sapo Padang, 4 Juli 2022. Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari 1 bulan, Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrae) kembali menyambangi pemukiman warga di Dusun Sapo Padang, Desa Batu Jongjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. Bermula pada Rabu, 29 Juni 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat  menerima laporan dari Kepala Dusun Sapo Padang tentang kehadiran gajah yang kembali merusak tanaman dan mendekati pemukiman warga.

Menindaklanjuti laporan tersebut, keesokan harinya Kamis, 30 Juni 2022, Tim Seksi Konservasi Wilayah  II Stabat melakukan koordinasi dengan kepala dusun dan petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser. Kemudian  pada Jumat, 1 Juli 2022, Tim bersama kepala dusun melakukan patroli menyusuri lokasi munculnya satwa gajah. Di lokasi tersebut ditemukan beberapa jejak baru  dan tanaman aren yang dirusak satwa gajah (berkisar 1-2 hari). Saat menelusuri jejak baru tersebut, Tim melihat langsung keberadaan gajah dan segera melakukan tindakan pengusiran dengan menembakan petasan. Gajah yang mendengar suara petasan segera lari meninggalkan lokasi, namun belum pada jalur pengusiran yang direncanakan.  

Tidak berapa lama kemudian, gajah kembali ke arah awal perjumpaan satwa. Dari hasil pengamatan terpantau gajah berjumlah 4 ekor, terdiri dari 1 ekor jantan (ukuran badan besar dan ukuran gading lebih dari 1 meter), 1 ekor betina dewasa dan 2 anakan. Pada Sabtu 2 Juli 2022,  Tim bersama warga melanjutkan patroli melalui lokasi perjumpaan terakhir dan terus menyusuri jejak gajah yang mengarah ke jalur pengusiran dan menjauh dari pemukiman. Tim menghidupkan petasan dan jeduman sebagai upaya untuk pengusiran. Pengamatan dari jalur patroli di peta, gajah berhasil digiring sejauh 5.97 km dan sudah mendekati kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Selesai giat pengusiran gajah dan sebelum meninggalkan lokasi, Tim menyerahkan beberapa petasan kepada warga untuk mengantisipasi bila gajah kembali datang ke pemukiman.

Sumber : Esra Barus, S.Hut., - Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini